Kamis, 11 Oktober 2012

BIOGRAFI SINGKAT AL IMAM AN NAWAWY رحمه الله

Nama beliau adalah : Yahya bin Syaraf bin Murri bin Hasan bin Husain bin Muhammad bin Jum’ah bin Hizam.
Kunniyah beliau adalah : Abu Zakariyya, padahal beliau tidak mempunyai anak yang bernama Zakariyya karena beliau tidak menikah hingga wafat. Ini menunjukkan bahwa para ulama kita memandang berkunniyah adalah suatu sunnah walaupun seseorang belum memiliki anak bahkan belum nikah sekalipun.
Gelar beliau : Muhyiddin (yang menghidupkan Ad Dien), namun beliau tidak senang digelari demikian. Karena gelar seperti ini di dalamnya terdapat unsur tazkiyah ( pengakuan akan kelebihan dan kemampuan diri) apalagi maknanya tidak tepat karena Ad Dien ini terus akan hidup tanpa tergantung dengan seorang pun
Beliau dinisbahkan kepada kakek beliau yang tertinggi Hizam. Dan An Nawawi merupakan nisbah beliau kepada kota kelahiran beliau yaitu Nawa’ di negeri Syiria (salah satu dari negeri Syam).Kelahiran dan Latar Belakang Beliau
Beliau lahir pada sepuluh pertengahan di bulan Muharram tahun 631 H.
Sejak kecil beliau di bawah bimbingan dan pengawasan ayahnya. Mulai menghafal Al Qur’an  sejak berumur sepuluh tahun dan memulai rihlah untuk  menuntut ilmu bersama ayahnya pada tahun 649 H ke kota Damaskus. Beliau terkenal sebagai penuntut ilmu yang sungguh-sungguh dan telah memberikan seluruh waktunya untuk ilmu sehingga dalam waktu yang tidak lama beliau telah menguasai berbagai bidang ilmu dan menghafal berbagai matan dan kitab.
Sifat-sifat beliau :
Beliau terkenal sebagai seorang ulama yang sangat  zuhud  dan merupakan uswah dalam hal wara’ serta contoh ulama yang senantiasa beramar ma’ruf nahi munkar dan menasihati para penguasa.
Karya-karya beliau :
Beliau memulai menulis / mengarang buku ketika berumur 30 tahun, dan tulisan beliau dalam berbagai cabang ilmu Ad Dien serta sangat digemari karena bahasanya sangat mudah, jelas dan enak dibaca.
Diantara karangan beliau adalah
  1. Al Minhaj Fii Syarh Shohih Muslim bin Al Hajjaj ; kitab ini merupakan rujukan utama bagi yang menginginkan penjelasan tentang hadits-hadits yang termuat dalam Shohih Muslim.
  2. Al Adzkar ; kitab ini merupakan kitab terlengkap yang ditulis dalam masalah dzikir dan doa, dan Imam Ibnu Katsir رحمه الله telah memuji kitab ini.
  3. Riyadhush Sholihin ; kitab ini merupakan salah satu karangan beliau yang paling terkenal, sangat jarang sebuah rumah yang tidak terdapat padanya kitab ini. Kitab ini merupakan kitab yang terbaik dalam masalah Akhlaq dan Tazkiyah An Nafs (pembersihan/ penyucian diri).
  4. Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab ; kitab ini adalah kitab Fiqh Syafi’i yang memuat dalil-dalil dan merupakan salah satu rujukan utama dalam bidang fiqh. Asy Syaikh Al Albani  رحمه الله  menganggap kitab ini hendaknya dimiliki dan dibaca bagi seorang yang ingin menjadi seorang ‘alim dalam bidang fiqh
  5. Kitab Al Arba’in An Nawawiyah ; kitab ini memuat sebanyak 42 buah hadits Rasulullah r .
  6. At Tibyan Fii Aadab Hamalatil Quran; buku ini termasuk rujukan yang terbaik untuk mengetahui adab-adab terhadap Al Quran
Aqidah beliau :
Beliau terpengaruh oleh Madzhab Asya’iroh dalam bab Asma’ wa Ash Sifaat, namun beliau dianggap sebagai salah seorang dari beberapa ulama Ahlis Sunnah yang salah dalam ijtihad bukan karena beliau membenci Madzhab Ahlis Sunnah dalam Al Asma’ Wa Ash Shifaat.
Wafat beliau :
Beliau wafat tanggal 24 Rajab 676 H, dalam usia 45 tahun. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala merahmati beliau dan membalas jasa-jasanya serta memasukkannya ke Syurga Firdaus. Aamiin.

Posted by : el-kamil ibnu ishaq ~ / Dakwah , Berita , Internet Bisnis

Artikel BIOGRAFI SINGKAT AL IMAM AN NAWAWY رحمه الله diposting oleh el-kamil ibnu ishaq pada Kamis, 11 Oktober 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Salam ukhuwah. Terimakasih.

0 ngawaleur:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Artikel di atas
Terima kasih

el-kamil ibnu ishaq