Kamis, 10 Mei 2012

BERSABARLAH DALAM BERJUANG


Jalan itu masih panjang, masih banyak titian yang harus kau lewati, masih terjal jurang yang harus kau lalui, masih tinggi gunung yang harus kau daki. tetapi, sepanjang apapun jalanmu, ingatlah kau harus bisa melewatinya sebaik yang kau mampu. karena waktu takkan biarkan kau sekedar mengukurnya lagi, apalagi kembali perbaiki.


Inilah duniamu, datang untuk menguji keimananmu. dia datang, sekadar menyapa, bukan kata 'hai' atau 'apa kabar ?' yang diucapkannya, tetapi dia menyapamu dengan selaksa ujian dan cobaan. datang untuk bertanya, seberapakah iman hamba Allah yang satu ini ? berprasangka baiklah terhadap sapa dan tanyanya. ini adalah salah satu...
jalanmu mencapai Jannahnya.

Masih jelaskah di ingatanmu apa tujuanmu dilahirkan di dunia ini ? tentu tidak. sama sekali tidak ada, tak berbekas. Saat ruhmu ditiupkan,  ada yang bilang bahwa saat itu juga kau telah membuat suatu kesepakatan. kesepakatan dengan Dzat Yang Maha Mencipta bahwa diri ini akan beriman padanya. tapi....ada yang lebih penting dari kesepakatan itu, yaitu pertanggungjawaban hidup ini. saat semua amal dan aib kita dipersaksikan ibarat video atau DVD yang diputar ulang. hai, diri, ayo kita buat rekaman hidup seindah mungkin, minimalisir khilaf kita, sehingga saat video itu diputar, hanya ada penyesalan yang tidak besar. maksimalkan sedekah kita, ibadah kita, dan iman kita, agar nanti kita bisa tersenyum melihatnya.

hai kaki, yang berjalan di bumi ini, siapakah yang menuntunmu berjalan pertama kali ? aku tahu,antara ayah atau ibu kan ? kedua makhlukNya yang sangat menyayangimu dan kaupun juga. kedua orang yang saling menguatkan satu sama lain untuk membimbingmu, mendidikmu. kedua orang tua yang karenanya murka Allah berada pada mereka. wahai diri sudahkah kau berbuat baik pada mereka hari ini ? sudahkah kau pelankan suaramu dan kau haluskan lisanmu terhadap mereka ? sudahkah kau menahan amarahmu terhadap mereka ? sudahkah kau doakan mereka ? Ya Allah, ampuni hamba bia masih ada satu kedurhakaan kepada mereka hari ini. bukankah kau pernah bertanya kepada ustadzah, guru, atau bahkan mereka "kenapa aku harus mendoakan ayah dan ibu ?" kali ini, aku sudah fahim, aku sudah temukan jawabannya. satu, karena mereka juga manusia yang pasti melakukan kesalahan. dua, seorang anak adalah tanggungjawab orangtuanya, dan apabila anak itu berbuat sesuatu maka orang tua juga terkena akibatnya. bila kita berdosa, maka orag tua juga menanggungnya, oleh sebab itu, mari ringankan beban mereka dengan mendoakannya, atau yang lebih mulia, menjauhkan diri dari berbuat dosa.

wahai iman, dampingi terus langkahku saat aku berjuang meraih cintaNya, jagalah qalbu, mata dan lisanku agar tetap terfokus padaNya.  jadilah semakin kuat saat cobaannya datang dan jangan jadiilah lemah saat nikmatnya mengahmpiri. buatlah mata menangis saat takut padaNya dan mendengar Azabnya, bahagialah saat kau rasakan cintaNya dan dapatkan nikatnya. aku ingin engkau dalam keadaan stabil, dan lebih baik lagi jika meningkat. wahai iman, ingatkan aku saat mulai futur, mulai goyah, bersama kita kuatkan lagi pondasi iman kita.
hai raga, berlelah lelahlah untuk berikhtiar, tingkatkan keistiqomahanmu, bukankah Allah menyukai hambanya yang istiqomah ? perdalam ilmumu, pergiat ibadahmu, dan apabila kau memiliki suatu harta maka gunakanlah di jalan Allah. seperti para shahabat nabi. wahai diri, bagaimana ikhtiarmu hari ini ? lebih baikkah ? atau sebaliknya ? semoga lebih baik karena apabila tidak, sungguh kita termasuk yang paling merugi.
hai qalbu, bersabarlah, semoga Allah memberikan perlindunganNya padamu. aku tahu, ada 2 jalan menuju ketaqwaan dan kefujuran, maka pilihlah jalan ketaqwaan. karena hal itu akan membuat kita selamat. dan apabila engkau dalam posisi fujur, maka bantu aku untuk segera memutar kemudi ini, kembali lagi pada jalan yang hanif. aku juga tahu dan menyadari bahwa kau sedang di dera, sedang di belenggu suatu virus berwarna merah jambu. tapi wahai qalbu, sekali lagi, bersabarlah, kuatlah. perintahkan lisan untuk diam dan mata untuk menundukkan pandangannya.  biarkan semua ini menjadi indah pada waktunya. mari kita jaga izzah dan iffah kita agar kelak dalam kualitas bagus saat dipertemukanNya dengan hati yang telah kau rindukan. Wahai raga, sekali lagi, tolong jadilah kuat karena medan yang akan kau tempuh tak lagi sama, ujian yang mendera semakin sering.

wahai akal, bantu aku bedakan mana yang haq dan bathil, yang najis dan yang suci. bantu aku untuk memperkaya ilmuku dan tarbiyahku.
wahai qalbu, mari kita bangun benteng sebagai perisai diri, karena engakulah tempat dosa dan pahala bersatu. kau yang tentukan, maka arahkan aku agar selalu beramal baik.
wahai lisan, hilangkan dusta, dan lembutkanlah tuturmu. karena dusta ialah gerbang kemunafikan, dan seburuk seburuk lisan ialah lisan orang munafik. na'udzubillah mindzalik. janganlah lagi kau mencela dan mengumpat, karena Rasulullah SAW tidak pernah seperti itu. ingatlah bahwa dengan lisan kau bisa membunuh dan menenbarkan cinta

wahai kaki, arahkan aku ke jalanNya yang lurus.
wahai mata, jagalah pandanganmu, karena itulah perintah Allah dan Rasulnya
wahai nafsu, akan kukekang engkau agar tidak menjadi buas dan berontak, sungguh aku tidak ingin menjadi orang yang rugi karenamu.
dan terakhir, wahai diri, sekali lagi, bersabarlah dalam berjuang di dunia ini, tujuanmu adalah akhirat. kuatlah dalam hadapi tantangan. mari kita raih jannahNya dengan sebaik baik ikhtiar. dan ayo kita songsong cintaNya dengan iman dan taqwa kita.

bismillahirahmanirahim.
ya Allah, saksikan aku berjuang untuk meraih cintaMu dan RasulMu.

SUMBER :
http://rypnotrip.blogspot.com

Posted by : el-kamil ibnu ishaq ~ / Dakwah , Berita , Internet Bisnis

Artikel BERSABARLAH DALAM BERJUANG diposting oleh el-kamil ibnu ishaq pada Kamis, 10 Mei 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Salam ukhuwah. Terimakasih.

0 ngawaleur:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Artikel di atas
Terima kasih

el-kamil ibnu ishaq